Loading...

Cara Memperbaiki Setrika Tidak Panas Paling Mudah Sesuai Kerusakannya

Setrika listrik yang rusak karena tidak bisa panas biasanya akan membuat kesal pemiliknya. Rasanya ingin cepat-cepat ganti dengan yang baru saja. Eits! Nanti dulu gaes! Jangan buru-buru beli yang baru kalau seandainya kondisi fisik setrikaan masih kelihatan bagus dan umurnya juga belum tua-tua amat. Di bawah ini ada cara mengatasi dan memperbaiki setrika yang tidak panas sesuai jenis kerusakannya. Bisa jadi rusaknya hanya masalah sepele saja. Selain itu untuk memperbaiki setrika listrik rasanya tidak memerlukan keahlian dan keterampilan khusus banget. Coba cari tahu dulu penyebab setrika listrik tersebut tidak bisa panas karena apa? Ada 3 cara mendeteksi penyebab kerusakannya dan juga solusi memperbaikinya di bawah ini. just check it out guys!


Cara Memperbaiki Setrika Tidak Panas Paling Mudah Sesuai Kerusakannya

Cara memperbaiki setrika yang tidak panas sebenarnya relatif mudah dan tidak ribet. Pengguna setrika baik jenis setrika listrik atau setrika uap pada umumnya rusak karena pemakaian dan juga masih besar kemungkinan diperbaiki. Nah sebelum memulainya siapkan dahulu peralatannya guys.

Alat-alat Yang Diperlukan untuk Memperbaiki Setrika

Untuk memperbaiki setrika yang tidak panas, sebelum memulai ada baiknya mempersiapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan.
  • Obeng dengan ujung – dan +
  • Alat AVO Meter
  • Alat pemotong kabel (cutter atau gunting)
  • Isolasi
Penyebab Setrika Tidak Panas dan Solusinya

Setelah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan saatnya mencari tahu masalah mengapa setrika tidak panas. Beberapa poin berikut adalah beberapa penyebab utama setrika tidak mau panas yang paling sering ditemui. (baca juga: Penyebab Kerusakan Setrika, Jenis Kerusakan Setrika Uap)

1. Terjadi Masalah pada Sambungan Arus Listrik

Hal ini biasanya ditandai dengan tidak menyalanya lampu indikator pada setrikaan. Untuk memastikan bisa menggunakan alat AVO meter untuk mengecek kondisi kabel setrikaan. Jika tidak terdapat reaksi maka ada masalah pada kabel setrikaan tapi jika ada reaksi pada AVO meter maka kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah justru stop contact penghubung arus.

Solusi:

Jika yang menjadi masalah adalah stop contact penyedia arus listrik maka sebaiknya menghubungi tukang listrik atau seseorang yang memang ahli dalam listrik. Namun jika yang bermasalah pada kabel setrikaan maka bisa dicoba untuk diperbaiki sendiri. Caranya adalah mencari masalah kabel yang putus dan ketika sudah ditemukan bisa disambungkan kembali dengan menggunakan isolasi untuk memastikan kabel tidak putus lagi.

2. Alat Pengatur Suhu tidak Bekerja

Pada kondisi ini setrika tidak mau panas padahal arus listrik sudah disalurkan yang diindikasikan dengan lampu indikator pada unit setrikaan yang menyala. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah pada alat pengatur suhu setrikaan tidak berfungsi dengan baik. Saat ini semua jenis setrika listrik otomatis akan dilengkapi dengan alat pengatur suhu sehingga memudahkan untuk mengatur suhu setrikaan sesuai kebutuhan dan juga bisa bekerja secara otomatis.

Dengan kata lain jika setrika terlalu panas maka lempeng bimetal akan otomatis kembali ke posisi semula sehingga suhu turun begitu pula sebaliknya ketika suhu kembali turun secara otomatis lempeng bimetal akan melengkung dan suhupun perlahan naik. Masalah yang sering terjadi pada lempeng ini adalah ketika sistem itu terganggu yang biasanya disebabkan adanya penumpukan debu dipermukaan lempengan sehingga lempeng tersangkut dan setrika tidak mau panas. (baca juga: alat pengatur suhu rusak , Cara Membersihkan Setrika Lengket dan Berkerak)

Solusi:

Solusinya sangatlah mudah yaitu hanya dengan membuka komponen setrikaan sampai terlihat lempeng bimetal yang posisinya berada di bawah gagang setrikaan. Kemudian mulai membersihkan debu-debu yang biasanya menggumpal dipermukaan lempeng. Setelah bersih pasang kembali komponen setrikaan dan setrikaan bisa digunakan kembali.

3. Lempeng Pemanas Sudah Aus

Ketika setrika tidak panas disebabkan oleh lempeng pemanas biasanya terjadi setrika yang sudah berumur tua. Lempeng pemanas berfungsi untuk mengantarkan panas namun karena umur yang sudah tua dan penggunaan yang terus menerus juga dapat menyebabkan lempeng pemanas aus.

Solusi:

Solusinya adalah lempeng pemanas yang aus tidak dapat diperbaiki tapi harus diganti. Tidak sulit menempukan lempeng pemanas di toko-toko yang menjual alat-alat listrik, namun harus dipastikan bahwa ukuran lempengnya sama persis jika ingin diganti.

Bagaimana guys? Mudah bukan? Ternyata untuk memperbaiki setrika listrik itu mudah dan tidak terlalu sulit meskipun anda kurang menguasai keahlian elektronika. Rasanya siapa saja bisa memperbaiki setrika listrik yang tidak panas dengan mudah. Oke. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat ya. Silahkan share dan bagikan untuk membantu yang lainnya juga.
Loading...