Loading...

Cara Memperbaiki Ban Belakang Dan Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk

Salah satu hal yang mengganggu kenyamanan berkendara roda empat alias mobil adalah terdengarnya bunyi gluduk gluduk dari arah ban belakang. Selain itu hal ini juga membahayakan keselamatan anda jika dibiarkan. Hal ini ada hubungannya dengan kaitannya dengan ban belakang dan juga kaki-kaki mobil. Langkah apa saja untuk mengatasinya? Cara memperbaiki ban belakang dan kaki-kaki mobil berbunyi gluduk-gluduk ini adalah dengan mengetahui penyebabnya apa. Jika diketahupenyebab bunyi gluduk gluduk pada kaki-kaki mobil maka anda bisa dengan mudah memperbaikinya.

Cara Memperbaiki  Ban Belakang Dan Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk

Sebenarnya bunyi gluduk gluduk ini bisa terjadi pada roda depan dan juga roda belakang meskipun kasusnya sering terjadi pada bagian belakang mobil. Biasanya bunyi gluduk tersebut dirasakan ketika melewat jalanan yang rusak ataupun aspal yang kasar dan paving block, Sebaiknya kita jangan menyepelekan bunyi bunyian aneh pada kaki kaki mobil tersebut, pasalnya selain mengganggu kenyamanan kita ketika berkendara jika terus dibiarkan maka kerusakan bisa menjalar ke komponen yang lainya sehingga untuk memperbaikinya akan memakan biaya yang cukup membuat jengkel dan kesal.

Penyebab Ban Belakang Dan Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk

5 Faktor Penyebab Bunyi Gluduk Gluduk Pada Kaki-Kaki Mobil

1. Bushing Arm

Bushing arm - Penyebab Ban Belakang Dan Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk

Bushing swing arm yang berbentuk seperti botol kecil yang mana di dalamnya terdapat pipa besi yamg dibungkus tebal dengan karet memiliki peran sebagai penahan getaran dari mesin juga menahan getaran dari ban mobil. Umumnya apabila karet bushing arm tersebut sudah rusak seperti terlepas dari pipa besi didalamnya ataupun ketebalan karetnya sudah berkurang maka kinerja dari komponen ini tidak akan mampu untuk menahan getaran dari ban maupun mesin mobil. Dan sering kali ini yang menjadi penyebab suara dug dug dug pada ban depan maupun ban belakang mobil. Biasanya pada mobil terdapat delapan buah bushing, 4 bushing arm bagian roda depan dan empat bushing bagian roda belakang.(baca juga: Cara ampuh membersihkan plafon mobil )

2. Ball join, tie rod dan rack end

Ball join, tie rod dan rack end atau yang lebih sering disebut dengan long tierod, apabila ketiga komponen tersebut sudah rusak kocak ataupun aus selain menjadi penyebab setir mobil bergetar dan goyang juga bisa menimbulkan suara klutuk klutuk ketika ban mobil kita melewati jalan yang rusak, ataupun aspal yang kasar, keawetan ketiga komponen tersebut umumnya dipengaruhi oleh cara mengemudi yang tidak berhati hati ketika melewati jalan yang berlubang (sering melintasi jalang yang berlubang dengan kecepatan tinggi) sehingga ketiga komponen tersebut bantingan atau beban yang cukup keras dan menyebabkan lebih cepat rusak, oleh karena itu kita harus berhati hati dan pelan pelan ketika melewati jalan yang berlubang apalagi untuk mobil yang ceper seperti mobil sedan bisa bisa mobilnya nyangkut. Dan umumnya jika salah satu atau ketiga komponen tersebut sudah kocak maka suara gluduk gluduk terdegar dari bagian bandepan mobil. Dan pada beberapa kasus didapati lubang pemegang ball join yang sudah longgar .

3. Bushing dan karet stabilizer

Bushing arm - Penyebab Ban Belakang Dan Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk

Pada mobil biasanya terdapat empat buah bushing stabilizer yang berfungsi sebagai penahan getaran link stabilizer sehingga tidak beradu ke bagian sasis mobil jika bushing tersebut sudah longgar, tipis atau mungkin belel maka bushing tersebut tidak lagi mampu menahan getaran dari link stabilizer sehingga terdengar bunyi gluduk gluduk dari bagian bawah mobil baik roda depan maupun belakang. Dan pada beberapa kasus, terkadang didapati baud pengikat bushing yang kendur yang benyebabkan bunyi gluduk.

Karet stabilizer - Penyebab Ban Belakang Dan Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk

Selain bushing pada ujung link stabilizer terdapat karet yang bertugas meredam getaran dari arm atau sayap ke link stabilizer tersebut dan jika karet yang ada pada ujung link stabilizer tersebut sudah aus dimakan usia ataupun mungkin sudah hilang itu bisa menyebabkan bunyi gluduk pada roda mobil.

4. Shockbreaker Mati

ketika kita melintasi jalan berlubang dengan kecepatan cukup tinggi dan terdengar suara klutuk yang cukup keras dari salah satu bagian roda mobil maka itu bisa dipastikan karena shockbreaker yang sudah rusak. Kita bisa melakukan quick check dengan memperhatikan pantulan shockbreaker keika kita melewati polisi tidur coba rasakan berapa kali pantulan atau ayunan shockbreaker. Jika setelah melewati polisi tidur dirasakan ayunan keatas kebawah beberapa kali sudah bisa dipastikan shockbreaker mobil anda sudah rusak.

5. Karet Support shockbreaker

Karet support yang terdapat pada bagian atas shockbreaker dan menjadi penghubung antara shockbreaker dengan body mobil memiliki peran sebagai peredam getaran dari ban mobil agar tidak tersalur ke body mobil jika karet ini sudah rusak maka akan didapati suara gluduk yang terdengar pada bagian roda mobil sebelah atas. Dan pada beberapa kasus terkadang didapati baud pengikat anatara shockbreaker dan bodi yang kendur begitu juga untuk baud pengikat antara karet support dan shockbreaker.
Baca Juga : Cara Mengatasi dan Memperbaiki Ban Mobil Benjol dengan Cepat Dan mudah
Demikianlah 5 faktor penyebab utama yang menjadi membuat kaki kaki mobil bunyi bunyi gluduk gluduk yang sering dijumpai. Jika anda teliti maka salah satu penyebab diatas akan anda ketahui nah kerusakan salah satu dari komponen kaki kaki mobil jika tidak segera diperbaiki biasanya akan menjalar ke komponen kaki kaki lainnya. Jangan biarkan kerusakan ini terlalu lama jika anda telah memiliki bujet anggaran perbaikan segera lakukam pengecekan dan perbaikan. Ingatlah keselamatan dalam berkendaraan adalah hal yang utama.

Semoga ulasan mengenai cara mengatasi dan memperbaiki bunyi gluduk gluduk pada kaki kaki dan ban mobil ini dapat bermanfaat bagi anda. Silahkan share dan bagikan untuk membantu relasi, sahabat dan keluarga anda yang mungkin mengalami masalah yang sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel