Tips Cara Memperbaiki Batere HP Rusak Dan Kembung Dengan Cara Mudah, Jangan Dibuang Dulu!

Benda elektronik portable yang membutuhkan listrik biasanya akan membutuhkan batere sebagai pengisi daya listrik. Salah satunya adalah HP android. Sebagus apapun HP android anda jika pemakaian dan pengunaannya tidak benar maka akan cepat aus atau rusak. Contohnya saja tiba-tiba Batere HP android anda rusak dan menggembung. Biasanya banyak pemakai akan langsung membuangnya karena sudah tidak bisa dipergunakan kembali. Nah coba simak dulu tips cara memperbaiki Batere HP android rusak anda dan kembung dengan cara mudah, Jangan dibuang dulu karena ternyata masih bisa kita pergunakan. Lumayan kan?

Tips Cara Memperbaiki Batere HP Rusak Dan Kembung Dengan Cara Mudah, Jangan Dibuang Dulu!
Kendala-kendala Batere HP
Bisa dikatakan Baterai adalah salah satu komponen penunjang paling penting dalam sebuah handphone atau smartphone. Komunikasi anda bisa terhenti seketika disaat batere anda mati karena kehabisan daya, ngedrop dengan cepat padahal baru saja di charge dalam waktu yang lama. Tentunya hal ini akan membuat kita kesal dan repot. Belum lagi sedikit demi sedikit atau tiba-tiba HP anda menggelembung dan akhirnya rusak . Ini lebih repot lagi.

Cara Mudah Memperbaiki Baterai Handphone Yang Rusak Dan Menggelembung

Sebelum membahas bagaimana cara memperbaiki baterai handphone yang rusak dan menggelembung, kita akan membahas terlebih dahulu apa saja penyebab kerusakan baterai handphone. Penyebab baterai rusak atau kinerjanya berkurang di antaranya adalah kebiasaan buruk pemakaian sebagai berikut:
Baca Juga : Cara Meningkatkan Dan Memperkuat Sinyal HP Android Via Aplikasi, 100% Work!!
Penyebab Batere HP Android Anda Cepat Rusak

Charger yang tidak sesuai

Dalam melakukan pengisian ulang sebaiknya menggunakan charger yang sesuai dengan peruntukannya. Walaupun adaptor ke lubang pengisian memiliki bentuk yang sama, tetapi antara charger merek satu dengan yang lain mungkin terdapat perbedaan dalam kinerjanya menyalurkan daya. Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan bawaan pabrik akan menyebabkan pengisian daya tidak dilakukan sesuai dengan spesifikasi handphone sehingga dapat merusak baterai.

Overcharging


Overcharging penyebab batere cepat rusak dan kembung

Kebiasaan mengisi daya baterai secara berlebihan dapat mengurangi umur pemakaian baterai. Kebiasaan sebagian besar pengguna handphone yaitu mengisi daya baterai handphone dari malam menjelang tidur hingga pagi. Jika melakukan hal ini maka pengisian baterai akan berlangsung selama 5 - 8 jam, sedangkan seharusnya pengisian daya baterai hanya dilakukan selama 2 - 3 jam atau sampai penuh. Jika sudah penuh maka seharusnya pengisian listrik segera dihentikan.

Powerbank berkualitas rendah

Penggunaan fitur-fitur yang ada dalam sebuah smartphone mengakibatkan konsumsi daya baterai sangat besar. Karena itu powerbank merupakan suatu alat yang sering dibawa oleh pemilik smartphone. Dengan membawa powerbank maka pengisian daya baterai dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Banyak jenis powerbank yang dijual di pasaran, dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Pemilik handphone harus memilih jenis dan merek handphone dengan hati-hati karena jika memilih powerbank berkualitas rendah dengan alasan harga maka baterai handphone Anda yang akan menjadi korban.

Overused


Overused penyebab batere cepat aus, rusak dan kembung

Penggunaan secara berlebihan adalah salah satu penyebab baterai handphone menjadi rusak. Terkadang pemilik handphone bermain game terlalu lama sehingga menyebabkan perangkat seluler mengalami panas berlebihan. Terlalu lama bertelepon selain dapat menyebabkan kerusakan pada telinga juga dapat menyebabkan handphone menjadi panas karena baterai dipaksa bekerja terlalu keras.

Menggunakan handphone sambil melakukan pengisian daya


Menggunakan handphone sambil melakukan pengisian daya

Hindari penggunaan handphone ketika sedang melakukan pengisian daya baterai. Jika melakukan hal ini maka waktu pengisian akan sangat lama dan baterai tidak kunjung penuh. Hal ini akan mengurangi umur pemakaian baterai handphone Anda.

Demikianlah beberapa penyebab mengapa baterai handphone android anda cepat rusak, menggelembung, dan sering tiba-tiba kehabisan daya. Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki baterai handphone yang rusak tersebut.

Mungkin satu-satunya cara yang paling tepat adalah dengan mengganti baterai handphone dengan yang baru. Namun bagaimana jika saat itu Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli baterai baru sementara tanggal gajian masih lama? Atau tempat Anda tinggal terletak cukup jauh dari tempat penjualan aksesoris handphone?
Baca Juga : Cara Menghentikan UNREG/STOP SMS Berlangganan Sedot Pulsa Tidak Jelas Secara Tuntas All Operator
Jika keadaannya seperti itu maka tidak ada pilihan lain kecuali mencoba memperbaiki baterai Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Memperbaiki Baterai Handphone Yang Rusak Dan Menggelembung

Ambil baterai yang rusak dan coba perhatikan tingkat kekembungannya dengan meletakkan di lantai dan memutar baterai tersebut. Semakin cepat perputaran baterai berarti semakin kembung baterai tersebut.

Ambil plastik kedap udara seperti yang biasa dipakai untuk membungkus obat dari dokter. Masukkan baterai tersebut ke dalam plastik dan simpan di dalam freezer lemari es. Jangan simpan di bagian lain selain freezer, tetapi gunakan bagian lemari es yang biasa dipakai untuk membuat es batu atau menyimpan es krim.

Cara Memperbaiki Baterai Handphone Yang Rusak Dan Menggelembung

Biarkan baterai tersimpan selama 24 jam kemudian lihat hasilnya. Ambil baterai dan bersihkan jika terdapat air atau sedikit basah. Pastikan bagian yang berwarna kuning bersih dari air karena jika basah sedikit saja akan membuat terjadi arus pendek.

Tes baterai dengan cara memutarnya di atas lantai yang datar, jika permukaan baterai telah benar-benar datar maka tidak akan bisa berputar. Coba lakukan pengisian daya selama 2 hingga 3 jam atau sampai penuh.

Pasangkan baterai ke dalam handphone dan Anda pun siap kembali beraktivitas menggunakan perangkat seluler Anda.
Baca Juga : Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Baterai HP Android Yang Cepat Habis
Nah demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengatasi dan cara memperbaiki Batere HP anda yang rusak karena kembung atau menggelembung dengan cara yang mudah dan sederhana. Jika anda mengalami masalah ini anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri di rumah. Meskipun hal ini bersifat sementara tapi bisa bermanfaat sebelum anda membeli batere HP yang baru.

Silahkan share dan bagikan artikel ini pada sahabat, relasi, sahabat dan keluarga anda jika dirasa bermanfaat. Siapa tahu mereka saat ini sedang mengalami masalah ini. Silahkan juga ikuti Fanpage Cara perbaiki melalui Facebook untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.

Sumber: www.101dunia.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel