Loading...

Cara Memperbaiki Akuarium yang Bocor Rembes Ataupun Yang Retak

Cara Memperbaiki Akuarium Bocor - Akuarium merupakan sarana hobby dan hiburan bagi kelurga. Media kaca yang berisikan miniatur ekosistem air tawar ataupun laut lengkap dengan ikan ataupun batuannya. Selain sebagai hobby akuarium juga biasa digunakan sebagai penghias rumah. Masalahnya adalah jika akuarium itu suatu saat mengalami kerusakan bisa karena bocor atau juga karena retak/pecah karena tersenggol bagian kacanya. Nah dibawah ini akan dibahas mengenai cara mengatasi dan cara memperbaiki akuarium yang bocor rembes biasa ataupun bocor karena kacanya yang retak. Yuk kita simak di bawah ini.

Cara Memperbaiki Akuarium yang Bocor Rembes Ataupun Yang Retak

Akuarium yang telah jadi biasanya memang indah dipandang mata. Akuarium merupakan salah satu jenis benda yang dapat anda gunakan sebagai penghias rumah anda karena memakai kaca yang memperlihatkan betapa cantiknya ikan-ikan beserta isinya. Tapi karena akuarium tersebut menggunakan bahan kaca dalam pembuatannya, biasanya akuarium tersebut rentan retak, akibatnya ketika akuarium tersebut anda gunakan terjadi kebocoran pada akuarium tersebut. Ataupun tidak sengaja kacanya retak karena tersenggol.

Lalu apakah bisa memperbaiki akuarium yang bocor tersebut? Jawabannya adalah bisa, untuk memperbaiki akuarium yang bocor tersebut anda dapat memanfaatkan lem kaca serta sedikit teknik khusus.

Kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki akuarium yang bocor, sebelum masuk ke langkah - langkah dalam poerbaikan akuarium ada beberapa alat dan bahan yang perlu anda siapkan antara lain:

Alat dan Bahan:
- Kaca
- Lem Kaca
- Alat Pemotong Kaca

Jika alat dan bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah proses perbaikan akuarium yang bocor tersebut. Cara memperbaikinya dibagi 2 jenis untuk yang bocor rembes biasa atapun mengganti kaca yang retak. Berikut ini langkah - langkah dalam memperbaiki akuarium yang bocor dengan mudah sesuai jenis kerusakannya.

Cara Memperbaiki Akuarium Yang Bocor Rembes
  1. Kosongkan akuarium dari air, ikan beserta batu dan sebagainya.
  2. Isi akuarium dengan sedikit air dan tandai bagian sisi mana yang bocor
  3. Keringkan akuarium dengan kanebo dan lap kering
  4. Buang bagian lem karet bagian sisi yang bocor menggunakan pisau cutter yang tajam
  5. Oleskan sisi yang bocor dengan memakai lem kaca minimal setebal 3-5 milimeter.
  6. Biarkan sampai lem benar-benar kering dan bersihkan kembali akuariumnya
  7. Test lagi dengan diisi air untuk memastikan akuarium sudah tidak bocor
Cara Memperbaiki Akuarium Yang Bocor Retak atau Pecah
  1. Siapkan dan kosongkan Akuarium yang bocor tersebut
  2. Tempatkan lokasi perbaikan kira-kiranya terkena sinar matahari serta udara yang cukup agar perbaikannya bisa rapi dan lemnya cepat kering.
  3. Siapkan Kaca pengganti yang memiliki ukuran yang sama dengan kaca yang retak atau pecah tersebut
  4. Potong kaca tersebut dengan menggunakan alat pemotong kaca, sebaiknya ukuran kaca tersebut disesuaikan dengan besaran lubang atau keretakan yang terdapat pada akuarium.
  5. Oleskan lem kaca pada tiap sisi kaca yang bersentuhan dengan kaca pengganti, pastikan olesan tersebut merata agar akuarium yang bocor tersebut dapat diatasi
  6. Tunggu Hingga Kering dan tes akuarium masih bocor atau tidak.
Catatan:
  • Pada saat pengeleman antar bidang kaca pastikan ada celah 1 - 2 mm dimana itu terisi oleh lem kaca dan sudut sikunya terisi lem dengan cukup tebal sekitar 2-5 mm. Hal ini untuk mencegah kaca tidak mudah pecah dikemudian hari jika mendapat tekanan.
  • Agar hasil pengeleman rapih ada baiknya sisi luar diberi solatip plastik agar jika nanti ada lem yang melebar akan mengenai solatip tersebut, setelah pengeleman beres anda cukup cabut solatip tersebut dan hasil lem terjaga kerapihannya.
Dalam memperbaiki akuarium ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati, karena akuarium ini terbuat dari kaca sehingga rawan sekali pecah. Dalam perbaikan ini harus disesuaikan dengan letak masalahnya, jika hanya rembes saja anda tidak perlu menambah kaca, cukup oleskan lem kaca tersebut pada area yang rembes seperti pada cara perbaikan akuarium bocor yang pertama.

Pastikan kembali untuk mengecek lokasi kebocoran atau rembes, anda dapat mengisi akuarium tersebut dengan air, kemudian amati air yang menetes, jika sudah ditemukan bagian itulah yang perlu anda perbaiki. Jika bagian kecil saja yang rembes maka cukup bagian tersebut saja yang kita lem.

Mau Membuat Akuarium sendiri?
Nah bagaimana jika anda ingin membuat akuarium sendiri? Ada cara yang mudah. Buatlah gambar dengan tertulis 5 ukuran bagian kaca. 2 untuk depan, 2 untuk samping dan 1 untuk kaca bawah. Pastikan ukurannya jika dibentuk akan membentuk akuarium persegi panjang yang pas. Bawa ke matrial yang menjual kaca dan minta matrialnya untuk memotong sesuai ukuran yang anda berikan. Minta juga agar bagian tepi potongan untuk dihaluskan agar tidak tajam. Biaya custom beli kaca ini relatif murah dibanding jika kita membeli akurium yang sudah jadi.

Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki akuarium kaca yang bocor rembes, retak ataupun pecah yang bisa anda praktekan sendiri di rumah. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel