Cara Mengecek Dan Mengatasi Lampu Utama Honda Vario 125 Yang Sering Putus

Cara Mengecek Dan Mengatasi Lampu Utama Honda Vario 125 Yang Sering Putus

Cara Mengecek Dan Mengatasi Lampu Utama Honda Vario 125 Yang Sering Putus

Bagi anda yang memiliki motor matic Honda Vario pasti merasa nyaman dengan kehandalan dan mesinnya yang awet dan bandel. Tapi dalam beberpa kasus ada beberapa pemakai yang sering mengeluh mengenai lampu depan alias lampu utama Vario 125 yang sering kali putus atau mati. Begitupun dengan milik admin. Rasanya cape juga kalau sering kali ganti lampu depan setiap 2-3 bulan sekali. Nah bagaimana cara mengecek dan mengatasi Lampu utama Honda vario125 yang sering putus atau mati ini? Mari kita simak ulasan cara memperbaikinya di bawah ini.

Cara Mengecek Dan Mengatasi Lampu Utama Honda Vario 125 Yang Sering Putus

Biasanya sewaktu motor Honda Vario 125 Fi anda masih baru sekitar 1 tahunan masalah ini belumlah muncul, tapi setelah 1 tahun akan muncul kendala lampu tersebut. Terutama jika kita sering mengubah-ubah lampu dekat dan lampu jauh. Lampu utama mulai mengalami masalah. Kasus saya dulu sering menggunakan lampu jauh-dekat karena mengendara di malam hari.

Dulu malah pernah usia lampu kurang lebih 4 bulan sudah putus bahkan sempat hanya berusia 2 hari sejak pergantian. Tapi kalau stand by Lampu Dekat saja, bisa sampai 7 bulan. Apa ada yang salah dengan kelistrikanya?

Cara Memperbaiki Lampu Depan Honda Vario Sering Mati

Solusi ini saya dapatkan dari detikOTO dan hasilnya manjur. Lampu depan kembali normal dan tidak mudah putus atau mati. Hasil konsultasinya adalah sebagai berikut :

Cara mengecek penyebab lampu depan cepat mati bisa dicek dengan memeriksa komponen berikut:

- Ukur tegangan yang masuk ke lampu depan dengan menggunakan voltmeter/AVO meter, pada saat motor dinyalakan tidak boleh melebihi 15 Volt, jika lebih dari itu maka ada yang perlu di cek pada bagian regulator rectifier/kiproknya.

- Periksa pada fitting lampu depan pastikan kondisinya masih bagus, sebab kadang-kadang jika fitting ada keausan maka arus yang masuk ke lampu jadi tidak stabil (putus nyambung) sehingga mengakibatkan lampu cepat putus.

- Periksa Lampu pada saat terpasang apakah kendor/longgar? Kalau longgar maka pada saat jalan terjadi getaran yang mengakibatkan lampu mudah putus juga, jadi pastikan tidak goyang/longgar saat lampu terpasang.

- Periksa dan pastikan part atau bohlam lampu yang Anda gunakan Original Astra Honda Motor dan Anda tidak melakukan modifikasi pada system kelistrikan yang memungkinkan bisa menyebabkan tegangan yang keluar ke lampu berlebihan.

Nah setelah hal di atas dilakukan perbaikan Alhamdulillah motor Honda Vario 125 Fi saya kembali normal dan lampu depan juga tidak mudah putus atau mati. Sebelumnya admin juga bingung bagaimana cara memperbaikinya karena tidak mengetahui cara pengecakannya.
Baca Juga : Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Ban Motor Benjol Secara Mudah Dan Cepat
Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi lampu utama Honda Vario 125 yang sering putus dilihat dari beberapa kemungkinan penyebabnya dan memperbaikinya dengan tuntas. Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah yang sama.
Baca Juga : Cara Memperbaiki Starter Elektrik Honda Vario 125 Fi Dan Penyebab Gagal ON
Silahkan ikuti artikel berikutnya dari kami dengan cara like Fanspage Cara perbaiki di sebelah kanan website ini. Dan silahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat bagi orang lain.
Buka Komentar