Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Motor Berasap Putih Atau Berasap Hitam

Cara Perbaiki - Memiliki sepeda motor yang sudah berumur tentunya harus siap dengan perawatan mesin bila terjadi gangguan kerusakan. Misalnya saja kendala motor berasap. Hal ini tentunya membuat kita sendiri tidak nyaman dan tidak enak pada pengendara lain. Selain itu juga menandakan mesin motor kita tidak sehat. Cara memperbaiki dan mengatasi motor berasap pada sepeda motor baik yang berasap hitam ataupun berasap putih bisa dilakukan dengan berbagai pemeriksaan dan cara. Tapi harap diperhatikan bahwa tidak semua cara akan cocok pada jenis sepeda motor kita. Hal ini karena masalah asap motor ini tergantung dari jenis motor yang kita miliki.

Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Motor Berasap Putih Atau Berasap Hitam

Mari kita lanjutkan contohnya apabila motor berasap pada matic akan berbeda dengan cara mengatasi pada motor manual. Jadi alangkah baiknya apabila kita memiliki motor matic harus tahu Cara Merawat Motor Injeksi karena pada motor matic menggunakan sistem injeksi untuk pengganti carburator.

Selain itu juga motor sering kali mengalami banyak permasalah lainnya di sekitar masalah pelistrikan, oleh karena itu di sarankan untuk beberapa pemilik motor untuk mengetahui Cara Merawat Aki Motor agar motor kita terhindar dari Penyebab Aki Motor Cepat Drop.

Dalam sisi motor yang berasap disini setidaknya akan kita bahas beberapa cara agar bisa mengatasi permasalahan apabila motor kita berasap.

Motor Berasap Putih
Cara mengatasinya bisa dengan berbagai cara , mulai dari mengganti beberapa part yang memang sudah aus , bisa juga dengan cara memperbaikinya sendiri. Berikut adalah 10 cara mengatasi motor berasap putih :

1. Membersihkan knalpot
Cara mengatasi yang pertama adalah dengan cara membersihkan knalpot kita, karena knalpot yang kotor juga akan mempengaruhi hasil gas buang yang di keluarkan dari knalpot kita. Cara membersihannya bisa menggunaan cairan khusus yang di jual di bengkel atau juga bisa menggunakan oli yang di masukan kedalam knalpot.

2. Cek Ring Piston Aus Atau Tidak
Untuk kasus yang kali ini terdapat pada ringpiston yang memang sudah aus , dimana ringpiston sudah tidak bekerja dengan optimal dimana fungsi ring piston sudah tidak bisa membantu Mencegah kebocoran campuran udara dan bahan bakar .

3. Cek Piston
Hampir sama dengan kasus ring piston yang aus , akan tetapi ini adalah part yang lebih besar yaitu piston yang memang sudah aus. cara ceknya yaitu apabila volume oli selalu berkurang , kita sudah wajib cek sparepart mulai dari piston. Karena apabila piston aus akan membuat oli rembes dan masuk keruang bakar yang menyebabkan mengeluarkan asap.

4. Cek Botol Klep
Part selanjutnya yang harus kita cek adalah bagian botol klep. Biasanya botol klep yang memang sudah berumur alias sudah aus akan longgar dan menimbulkan celah yang dimana akan menyebabkan keluarnya asap berwarna putih dari dalam knalpot.

5. Cek Tiang payung klep
Hampir sama dengan botol klep yang aus , tiang payung klep yang tidak dalam performa yang baik dan juga tidak dalam kondisi yang masimal akan membuat oli akan rembes dan juga menyebabkan motor mengeluarkan asap. Bahkan dalam beberapa kondisipun tidak menutup kemungkinan akan ada masalah lain apabila tiang payung klep tidak segera di tangani.

6. Cek Klep
Cara mengatasi motor berasap selanjutnya adalah dengan cara mengecek klepnya. Biasanya terdapat kerak-kerak yang menempel pada klep yang membuat klep mengalami kebocoran . Bocornya klep akan memberikan jalan kepada oli untuk masuk kedalam ruang bakar yang akan membuat motor mengeluarkan asap berwarna putih.

7. Cek kondisi seal klep
Spare part yang harus kita cek selanjutnya adalah seal klep, dimana seal klep biasanya sudah tida lentur lagi alias sudah keras karena beberapa penyebab seperti terlalu panas motor kita dan juga seal klep yang sudah aus akan membuat seal klep tidak berfungsi dengan baik dimana fungsi seal klep untuk penghalang atau pembatas agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar. Apabila oli masuk ke dalam ruang bakar sudah di pastikan akan menimbulan asap pada knalpot.

8. Ganti Oli
Faktor olipun ikut berpengaruh besar dalam penyebab keluarnya asap di knalpot. Biasanya oli yang sudah lama tidak di ganti akan menimbulkan beberapa penyakit motor seperti keluarnya asap lewat knalpot. Oleh karena itu gantilah oli secara berala antara 2 bulan sekali atau setiap 1500km sekali agar oli tetap prima dan maksimal dalam melumasi bagian terdalam mesin mtoro kita.

9. Linner / silinder
Dalam hal ini linner atau silinder memang bukan faktor satu-satunya yang akan membuat motor kita mengeluarkan asap . akan tetapi apabila linner/silinder memang sudah memasuki masa nya akan membuat kinerja mesin lainya akan berkurang dan bisa jadi penyebab keluarnya asap di knalpot.

10. Kondisi motor yang sudah lama
Untuk kasus yang seperti ini memang sudah sulit untuk kita perbaiki karena rata-rata motor yang sudah berumur selalu saja mengeluarkan asap di motornya. Banyak kemungkinan yang terjadi tapi yang paling memungkinkan adalah banyaknya kerak dan juga kotoran di saluran pembuangan ataupun saluran oli yang membuat motor mengeluarkan asap berwarna.
Baca Juga : Ini Kesalahan Manasin Motor Dipagi Hari, Tips Cara Manasin Motor Yang Benar
Motor Berasap Hitam
Selain asap berwarna putih , ada juga asap warna hitam yang keluar langsung dari knalpot kita. Berikut adalah 10 Cara mengatasi motor berasap hitam yang biasa muncul di knalpot motor kita.

1. Cek Stelan Carburator
Carburator memiliki fungsi sebagai pengatur atau pusat pengaturan antara masukan bahan bakar dan juga udara masuk kedalam ruang bakar. Apabila settingan dari carburator kurang pas atau berubah dari settingan seharusnya akan memuat perbandingan yang masuk ke ruang bakar tidak pada porsinya sehingga akan ada bbm sisa yang terbuang lewat knalpot dan terbuang lewat knalpot.

2. Cek letak klep / payung klep
Faktor nomor 4 yaitu cobalah untuk cek letak klep atau letak payung kelep apakah berada di posisinya atau tidak. Kemungkinan posisinya kadang masuk kedalam dan kadang keluar, sehingga supply bahan bakar minyak yang akan masuk di sistem pembakaran tidak normal. Biasanya ini terjadi karena goncangan atau getaran yang cukup kuat sehingga mengubah stelan letak klep atau payung klep.

3. Cek sistem Injeksi
Bagi kalian yang memiliki motor matic atau motor yang menggunakan sistem injeksi lebih baik periksa sistem injeksi kalian di bengkel resmi terdeket karena hanya bengkel resmi yang memiliki alat diagnosa injeksi sesuai dengan motor kita. Biasanya bisa dari rusaknya sensor injeksi karena beberapa sebab , bisa juga dari kotornya sistem injeksi karena perawatan yang kurang dari pemiliki kendaraan.

4. Loss kompresi / Kompresi yang lemah
faktor selanjutnya adalah ada kemungkinan lemahnya kompresi atau turunnya kompresi pada motor kita. Biasanya faktor perawatan yang kurang dari kita yang membuat kompresi motor kita menurun .

5. Klep Minyak yang bocor
Di sekitar klep akan ada minyak yang berfungsi untuk menjaga kinerja klep agar tidak macet. Cara mengetahui apakah minyak klep bocor atau tidak dengan cara menghidupan motor , ketika sudah menghidupkan motor apakah motor mau langsam atau tidak. Apabila tidak mau langsam meski settingan carburator sudah pas ada kemungkinan klep minyak bocor. hal ini dapat mengakibatkan minyak yang di paksa masuk untuk boros.

6. Mengganti gasket yang aus
Faktor selanjutnya adalah ada kemungkinan gasket yang sudah aus dan mengakibatkan oli rembes di daerah silinder dan kepala silinder. Apabila memang terjadi rembesan oli pada gasket , lebih bai mengganti gasketnya dengan yang baru.

7. Ganti busi yang sudah hitam
Biasanya busi yang sudah hitam juga mempengaruhi motor mengeluarkan asap hitam karena busi merupakan sparepart pendukung untuk membantu pengapian di ruang bakar. Apabila pembakaran kurang maksimal akan membuat ada sisa di ruang bakar.

8. Bersihan kerak karbon di ruang bakar
Tidak dapat di pungkiri bahwa apabila terdapat gumpalan kerak yang menumpu banyak di ruang pembakaran akan memnyebabkan motor mengeluarkan asap berwarna hitam. Oleh karena itu bersihkan ruang bakar motor dari kerak menggunaan cairan karbon cleaner.

9. Menggunakan oli bekas / tidak sesuai
Hindari penggunaan ori kw atau ori murah yang beredar di pasaran , karena menggunakan oli bukan peruntuannya motor kita atau ori yang kualitasnya rendah akan membuat oli cepat hitam dan juga bisa rembes masuk ke ruang bakar.

10. Oli samping yang berlebihan
bagi motor 2 tak faktor ini akan membuat motor mengeluarkan asap berwarna hitam pekat. Dalam prosesnya oli akan terbakar lebih banya dan menimbun di ruangbakar dan kemudian di keluargan dalam bentuk asap berwarna hitam
Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Motor Matic  Susah Hidup Dan Mogok Nyala 
Nah demikianlah beberpa tips pemeriksaan dan perbaikan dari cara mengatasi dan memperbaiki motor berasap putih dan berasap hitam karena adanya kerusakan pada mesin sepeda motor anda. Sebaiknya selalu service motor anda secara rutin dan berkala untuk menjaga keawtan mesin sepeda motor sehingga tetap nyaman untuk dikendarai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel