Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Rem Cakram Motor Seret Dan Macet

Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Rem Cakram Motor Seret Dan Macet

Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Rem Cakram Motor Seret Dan Macet

Bagi anda pemakai sepeda motor tentunya lebih nyaman saat memakai rem cakram dalam berkendara. Di banding rem tromol rem cakram lebih nyaman, ringan dan aman untuk dipakai menurunkan kecepatan ataupun menghentikan kendaraan. Tapi terkadang muncul masalah dalam penggunaan rem cakram motor ini yaitu rem cakram motor menjadi seret bahkan macet karena gesekan. Nah di bawah ini ada cara memperbaiki dan mengatasi rem cakram motor seret dan macet dengan tuntas. Bagi anda yang ingin mengetahuinya silahkan menyimak tutorial dan ulasannya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Rem Cakram Motor Seret Dan Macet

Motor jaman sekarang baik itu motor matic, motor sport ataupun motor bebek biasanya sudah menjadi standard bahwa rem depan pastinya menggunakan rem cakram sebagai media pengeremannya. Kira-kira apa ya penyebab-penyebabnya? Sebagai catatan ketika rem cakram motor seret jangan sampai salah dalam cara mengatasinya dengan pemberian minyak pada cakram malah berakibat rem jadi tidak pakem dan terasa blong. Pada bagian rem ini tidak boleh ada kaitan penggunaan pelumas baik minyak maupun grease pada kampas rem atau pada bagian rem lainnya kecuali pada sliding braket pemegang kalipernya. Penggunaan grease inipun sebenarnya khusus yang tidak bereaksi terhadap karet yang bisa membuatnya memuai. Bila ini terlanjur dilakukan secepatnya cuci rem dan kampas rem dengan deterjen.

Faktor-Faktor Penyebab Rem Cakram Motor Menjadi Panas Dan Cara Memperbaikinya

Balik lagi pada masalah utama yang menjadi faktor seretnya kampas rem depan ini. kampas rem bisa seret bisa disebabkan beberapa faktor yang harus dipahami degnan benar dari urutan paling ringan ke masalah yang lebih rumit agar penyelesaian masalah lebih efektif. Mari Kita cek satu persatu .

1. sliding braket pemegang kaliper macet.

Hal ini merupakan cek pertama setelah melakukan pembongkaran kampas rem depan. minyak rem terlalu banyak, kemungkinan kedua dan terakhir adalah seal piston kaliper macet. adapla pemberian handle rem imitasi bisa menjadi penyebabnya jika terlalu banyak menekan piston kit master.

untuk melepas sliding braket yang macet bisa melakukan pemukulan pada braket hingga bergerak. apabila tidak ada pergerakan bisa menggunakan treker. dalam hal ini penggunaan treker akan di bahas kembali jika menemukan masalah yang lebih berat. setelah braket terlepas maka langkah selanjutnya memberi grease pada permukaan as sliding ini hingga pergerakan menjadi lancar.

2. Periksa Kampas Rem

Selanjutnya komponen yang wajib diperiksa karena diduga kuat menjadi penyebab utama rem yang seret ialah kampas rem cakram motor. Perhatikan apakah posisi kampas tersebut terlalu menjepit piringan atau tidak. Jika iya, pantas saja pergerakan roda menjadi terasa berat. Hal ini biasanya terjadi ketika kita menggunakan kampas yang tidak standar atau terlalu tebal. Solusinya cobalah ampelas permukaan kampas tersebut agar sedikit lebih tipis.

3. Cek Kondisi Piston

Tidak ada salahnya Anda juga mencurigai piston sebagai biang kerok seretnya rem cakram. Untuk memastikan keabsahannya, cek pinggiran piston kalau-kalau kondisinya terlalu kering sehingga menyebabkan piston tidak elastis ikut tertarik saat pedal rem ditarik. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah bersihkan kaliper memakai air kemudian usapkan pelumas secukupnya.

4. Perhatikan Kondisi Per, Plat, dan Dudukan Kampas

Kondisi per, plat, atau dudukan kampas yang bengkok juga bisa menyebabkan rem motor seret lho. Hal ini terjadi lantaran jarak antara kampas dan rem menjadi lebih sempit. So, usahakan kemudikan motor Anda dengan cermat serta hindarilah memacunya di jalan yang berbatu dan saat melewat polisi tidur. Namun bila per, plat, atau dudukan kampas sudah terlanjur miring, mau tak mau Anda harus membenarkan posisinya kembali seperti semula.

5. Rem Cakram Kotor

Tunggu dulu, rem yang kotor sanggup menyebabkan perputaran roda menjadi seret? Yap, Anda tidak salah karena kotoran yang masuk ke rem khususnya piston akan mengganggu kinerjanya. Anda bisa membuang angin rem terlebih dahulu untuk mengatasi hal ini kemudian dilanjutkan dengan pembersihan apabila rem masih seret. Namun jika masalah ini masih terus dirasakan, Anda harus membongkar rem cakram lalu mengganti komponen yang rusak.

Oya untuk masalah lain yang biasa tejadi rem cakram adalah rem cakram blong. Bagi sahabat pembaca bisa membaca tutorialnya pada Cara memperbaiki rem cakram blong atau masuk angin di artikel sebelumnya.

Bagaimana? cukup lengkap bukan? Demikianlah beberapa tips dari cara mengatasi dan memperbaiki rem cakram motor yang seret dan macet beserta faktor-faktor penyebab rem cakram motor seret dan macet sesuai berbagai kemungkinan kerusakannya. Bagi anda yang mau mencobanya silahkan dari hal yang paling mudah duu sebelum di bawa ke bengkel. Tapi kalau maslahnya rkampas remnya sudah habis dan tipis sousinya ya diganti yang baru. Semoga tips ini bermanfaat bagi sahabat pembaca.Jangan lupa ikuti tutorial berikutnya dan ikuti Fanspage kami di Facebook.
Buka Komentar