Cara Perbaiki Suara Speaker Laptop Pecah Bunyi Krasak Kresek Dengan Mudah Dan Praktis

Bagi anda yang memiliki laptop lama yang sudah berumur masalah yang biasanya muncul salah satunya adalah masalah bunyi speaker yang pecah dan tidak nyaman didengar. Bunya krasak krosok pada speaker cukup mengganggu kenyamanan saat memakai laptop. Ada cara memperbaiki suara speaker laptop pecah berbunyi krasak kresek dengan mudah dan praktis. Anda sendiri pun dapat melakukannya tanpa perlu bantuan teknisi handal atau membeli bahan-bahan yang mahal atau speaker yang baru. Cara mengatasi bunyi speaker pecah ini mudah saja dilakukan sendiri.

Cara Perbaiki Suara Speaker Laptop Pecah Bunyi Krasak Kresek Dengan Mudah Dan Praktis

Masalah Saat Suara Speaker Pecah

Bagi penikmat audio dan video memutar musik dengan volume tinggi merupakan sebuah ekspresi tersendiri untuk menikmati lantunan audio maupun menonton video. Lebih seru, lebih kerasa dan lebih mantap didengar dan ditonton, kurang lebih seperti itulah.

Namun ada satu hal yang dilupakan dari memainkan audio dan video dengan volume yang selalu tinggi, yaitu dapat menyebabkan speaker pecah atau jebol. Khususnya pada laptop yang sudah menggunakan speaker yang menggunakan membran disekitar inti-nya.

Volume yang relatif tinggi menyebabkan getaran speaker pada plasma tersebut juga semakin tinggi, sehingga jika dilakukan secara terus menerus membran speaker akan sobek dan sedikit demi sedikit akan terkikis habis.

Cara Perbaiki Suara Speaker Laptop Pecah Bunyi Krasak Kresek Dengan Mudah Dan Praktis
Penjelasan nama Bagian speaker laptop
Ketika membran sudah terkikis habis, maka tidak ada lagi yang menahan getaran dari inti speaker tersebut. Sehingga setiap melantukan audio dengan volume tinggi langsung membentur dinding speaker yang membuat suara menjadi pecah, kalo bahasa sunda krasak kresek dan bahasa jawanya krosak..krosak... Jika suara laptop kamu udah jedug-jedug ada bass-nya berarti kemungkinan besar speakernya menggunakan membran.

Cara Memperbaiki Output Speaker Laptop Yang Pecah

Ada satu cara yang dapat dilakukan jika output suara speaker sudah mulai atau sangat pecah. Metode ini dapat dilakukan pada semua laptop yang sudah menggunakan speaker yang menggunakan membran, seperti Harman Kardon, Altec Lansing, dan lainnya yang sudah ada bass-nya.

Sebelum memutuskan untuk mengganti dengan speaker yang baru di service center ada baiknya untuk mencoba metode ini terlebih dahulu, hanya satu alat saja yang dibutuhkan untuk memperbaiki speaker ini, yaitu lem Castol!

Cara Perbaiki Suara Speaker Laptop Pecah Dengan Lem Castol

Sebenarnya lem Castol bersifat opsional, artinya tidak harus menggunakan lem ini, dapat juga diganti menggunakan lem yang lainnya asalkan sifatnya lunak seperti lem UHU atau lem karet. Jangan menggunakan lem yang sifatnya keras seperti Alteco, superglue dll.

Sebelum mulai proses memperbaiki suara speaker laptop yang pecah, tentunya yang harus dilakukan pertama kali adalah membongkar laptop itu sendiri, karena tidak mungkin memperbaiki speaker laptop tanpa membongkarnya lebih dulu.

Ingat Tutorial membongkar laptop itu berbeda-beda untuk tiap merk laptop! Pastikan anda mengetahui caranya. Googling saja caranya di google. beda laptop beda pula cara membongkarnya, ada yang hanya cukup melepas top assy-nya saja sudah kelihatan speakernya, ada juga yang harus membongkar total dulu.

Setelah speaker dapat terlihat, dengan menggunakan lem Castol, tutup lubang yang disebabkan oleh membran yang terkikis, memutar ke seluruh area membran speaker. Meskipun masih ada sedikit membran yang tersisa sekalian ditimpa menggunakan lem saja.

Cara Perbaiki Suara dan membran Speaker Laptop Pecah dan sobek Dengan Lem Castol
Cara mengelem membran speaker laptop yang terkikis dengan Lem Castol
Inti sesungguhnya dari metode ini adalah membentuk membran speaker yang baru sehingga inti speaker tidak lagi membentur langsung ke dinding speaker. Itulah mengapa dibutuhkan lem yang bersifat lunak supaya dapat bergetar secara fleksibel.

Cara Perbaiki Suara dan membran Speaker Laptop Pecah dan sobek Dengan Lem Castol
Cara memperbaiki membran speaker laptop dengan Lem Castol
Contoh cara dan hasil mengelem pada membran speaker dapat dilihat pada gamabr diatas. Pengeleman dilakukan memutar ke seluruh area membran hingga tidak terdapat lubang sama sekali. Seluruh rongga diantara inti speaker dengan dinding speaker harus tertutup. Selain speaker masalah umum lainnya pada laptop adalah tombol keyboard yang tidak berfungsi sebagian. Untuk hal ini baca artikel sebelumnya.
Baca Juga : Cara Perbaiki Keyboard Laptop Macet Error atau Rusak Dengan Mudah
Setelah pengeleman selesai, diamkan beberapa menit dan tunggu sampai kering, setelah lem benar-benar kering baru laptop dirakit kembali dan silahkan langsung dicoba dan rasakan bedanya, speaker laptop anda akan bersuara jernih kembali seperti semula tanpa ada bunyi krasak kresek lagi.

Referensi :
Vanflasher’s Tutorial
http://www.taktiktop.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel