Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak

Pada saat ini kebutuhan pekerja dan pelajar akan laptop untuk menunjang rutinitasnya terbilang tinggi. Baik di kantor maupun di rumah laptop sangat penting digunakan untuk memenuhi tugas tugas harian. Kebayang kan kalao laptop anda baterainya cepat habis, drop atau rusak total? Buat apa punya laptop tapi tidak bisa digunakan disaat diperlukan di luar. Dibawah ini ada beberapa Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak yang bisa anda coba lakukan. Lakukanlah metode perbaikan yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri tapi bila metode lanjutannya sulit bisa memakai jasa teknisi atau kenalan yang ahli membuat rangkaian.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak

Penyebab baterai laptop rusak memang sangat beragam, mungkin kita sebagai pengguna laptop kurang mengetahui cara merawat baterai laptop yang baik dan benar. Lalu, bagaimana cara mengatasi baterai laptop yang bocor dan bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis?

Penyebab Baterai Laptop Cepat Bocor Atau Habis :
  • Penggunaan laptop yang berlebihan: Laptop sebenarnya diciptakan untuk pekerjaan yang ringan dan tidak digunakan untuk bekerja seharian. Bukan untuk kegiatan seperti bermain game berat dan aplikasi dengan grafis tinggi, kecuali laptop gaming.
  • Menggunakan laptop saat di-charger: Itu juga berisiko baterai laptop akan cepat rusak, jadi jangan terlalu sering. Charger terlalu lama juga harus dihindari.
  • Membiarkan laptop mati dalam keadaan baterai kosong: Ini juga sangat berpotensi membuat baterai laptop cepat rusak.
  • Peletakan laptop yang salah: Laptop mengeluarkan hawa panas dan kebanyakan para pengguna laptop kurang mengerti bahwa meletakkan laptop di atas bahan yang empuk seperti di bantal atau kasur dapat menyebabkan aliran hawa panas terganggu.
Cara Mengatasi Baterai Laptop Bocor / Cepat Habis

Isi Penuh Baterai Laptop

Cara mengatasi baterai laptop yang bocor pertama adalah charger baterai laptop hingga penuh 100%. Untuk memastikan bahwa baterai laptop benar-benar penuh kita tunggu lagi selama 2 jam.

Mengatur Daya
Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak

Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis selanjutnyaatur opsi daya di laptop Windows kamu. Caranya klik tanda baterai / via control panel dan aktifkan ke modus balance, kemudian atur Turn off the display di baterai Never dan Put the computer to sleep menjadi Never.

Menyiapkan Hibernate & Low Battery Option
Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak

Cara memperbaiki baterai laptop yang rusak selanjutnya adalah konfigurasi pilihan Hibernate melalui Power Options -> Change Plan Settings -> Advance Settings -> Battery -> Set it to hibernate. Lalu, atur Low battery level 5%.


Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak

Biarkan Sampai Baterai Laptop Habis

Biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya. Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. Isi baterai hingga penuh lagi 100%. Selama proses kalibrasi pastikan kamu tidak menggunakan komputer sama sekali. Sekarang proses kalibrasi baterai telah selesai dan kamu bisa mengembalikan lagi Power Plan ke pilihan yang semula.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak

Proses kalibrasi ini memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh sampai habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop kamu akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat.

3. Install Smarter Battery

Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis tidak bisa membuat baterai yang memang sudah usang atau rusak karena faktor umur kembali menjadi bagus lagi. Baterai laptop cepat habis lebih disebabkan oleh masalah perangkat lunak.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak

Setelah kamu melakukan kalibrasi, selanjutnya kamu bisa install software Smarter Battery. Ini adalah utilitas pemantauan baterai untuk komputer portabel yang dimaksudkan untuk memberikan semua data baterai kepada kamu. Smarter Battery juga bisa kamu gunakan untuk membantu memperpanjang hidup dan menghemat baterai. Smarter Battery memberikan gambaran yang sangat lengkap tentang kehidupan baterai laptop kamu. Agar data ini akurat, utilitas ini harus terus berjalan sepanjang waktu di laptop kamu.
Baca Juga : Cara Perbaiki Suara Speaker Laptop Pecah Bunyi Krasak Kresek
Itulah cara mengatasi baterai laptop bocor akibat perangkat lunak. Efek dari kalibrasi ini berbeda setiap laptop, tapi rata-rata dapat meningkatkan kemampuan baterai kamu hingga 30-40%.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

Kasus ini bisa diatasi dengan catatan baterai laptop rusak tadi tidak bisa mengisi itu tidak bisa bocor dan lagi indikator baterai yang tertulis di laptop “ plugged in, not charging” Tulisan "plugged in,not charging" itu artinya memberi tenaga,tetapi tidak cas. Nah mungkin orang-orang awam yang tidak mengetahui semacam intu memperkirakan adalah masalah hardware yang soak atau apa gitu, padahal baterai laptopnya masih baik-baik saja. Tetapi teknisi yang satu ini berpikir kalau itu software management di device managernya corrupt,masalah baterai ini biasanya terjadi pada windows 7, Jadi kamu harus re-install software API batterai tersebut melalui device manager.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak

Berikut ini adalah langkah-langkah solusi cara memperbaiki baterai laptop anda :
  • Cabut adaptor laptop
  • Shutdown (matikan laptop)
  • Cabut baterai laptop
  • Tancapkan adaptor TANPA memasang baterai
  • Hidupkan laptop
  • Klik kanan di My computer - manage. pilih device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery
  • Shut down
  • Cabut adaptor
  • Pasang baterai
  • Tancapkan adaptor
  • Nyalakan kembali
Bisa juga dengan cara sebagai berikut :
  • Buka my computer
  • Klik kanan properties pilih device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Kompilant control method battery
  • Cabut baterai
  • Setelah minimal 1 menit pasang kembali
  • Di device manager klik kanan scan for hardware change
  • Lepas Adaptor, buat baterai hingga dibawah lampu hijau atau 90% kemudian pasang kembali
Baca Juga : Cara Perbaiki Layar Monitor LCD Bergaris Pada Laptop Dengan Mudah
Nah Demikianlah ulasan lengkap mengenai Cara mengatasi dan memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Tidak Mengisi, Drop Atau Rusak. Biasanya dengan cara diatas masalah bisa diatasi dengan mudah tapi bila maslah baterai laptop rusak total dan drop itu lebih sulit karena harus membongkar casing baterai dan mengganti cell baterai yang rusak ( death cell )dengan catatan dengan ukuran dan tegangan yang sama. Hati-hati Khusus cara terakhir ini dianjurkan oleh anda yang mahir membuka rangkaian karena cell baterai Lithium inii mudah meledak.

Referensi :
[1] http://www.jalantikus.com
[2] http://www.langitkomputer.com
[3] http://ebookteknisi-komputer.blogspot.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel