Cara Perbaiki Printer Canon Blinking Berkedip Dengan Mudah

Pemakaian komputer di rumah maupun di kantor tentunya tidak akan terlepas dari pemakainan printer juga sebagai alat cetak. Banyak sekali merk printer di pasaran tapi yang paling umum adalah merk Epson dan Canon. Masalah yang sering muncul pada printer Canon ataupun Epson adalah printer mogok ngeprint dan lampu indikator berkedip-kedip. Sesuai dengan perbagai masalah dalam printer Canon maka di bawah ini ada solusi cara perbaiki printer Canon Blinking berkedip dengan mudah sesuai masing-masing penyebab error printingnya. Cara mengatasi printer blinking ini mungkin juga bisa diterapkan pada merk lainnya seperti Epson dll bila sistem kerjanya sama. Coba perbaiki sendiri dulu sebelum printer anda di bawa ke tempat service komputer.

Cara Perbaiki Printer Canon Blinking Berkedip Dengan Mudah

Masalah Blinking, Indikator Lampu Berkedip Saat Printer dinyalakan

Penyakit blinking ini biasanya menimpa seri Canon IP misalnya saja Canon iP1200, iP1300, iP1600, iP1700, IP 2770, i255, Kita coba dulu solusi termudah, maksudnya solusi ini harus anda lakukan setiap kali anda menyalakan printer, sebab langkah ini hanya bersifat sementara. Ketika printer anda terputus dari arus listrik, maka blinking akan kembali muncul. Tapi, nggak ada salahnya ada lakukan langkah ini, bila anda belum familiar dengan cara-cara mereset printer menggunakan software. Selain masalah ini printer Canon bisa blinking juga bisa jadi gara-gara kertas nyangkut atau paper jam. Silahkan baca Cara Perbaiki printer kertas nyangkut pada artikel di blog ini.

Cara Termudah Atasi Printer Blinking - Manual
  • Lepaskan kabel power dari printer anda.
  • Tekan terus tombol Power, sambil anda memasang kembali kabel power.Indikator power akan kelihatan menyala berwarna kuning. Lepaskan tombol power, ketika anda selesai memasang kabel power. Kemudian tekan lagi tombol power, untuk menyalakan printer anda.
Dipastikan printer anda tidak blinking lagi. Namun ketika printer anda terputus dari arus listrik, maka blinking ini akan muncul, dan anda tinggal ulangi langkah diatas.

Cara Atasi Blinking Dengan Software
Cara kedua adalah dengan memakai solusi Software, anda bisa mengatasi penyakit blinking ini dengan menggunakan software GeneralTool khusus untuk IP 2770, 1700 dan iP 1300. Dengan menggunakan software ini, blinking biasanya dapat teratasi secara permanen, artinya anda tidak perlu mengulang-ulang seperti pada solusi manual dan termudah diatas.

Printer Blinking, Berkedip Saat Habis tinta / Selesai Isi Tinta

Biasanya penyakit ini melanda printer Canon iP 2770 dan IP 1880, dan terjadi ketika tinta habis atau ketika anda selesai mengisi tinta. Atau malah tinta belum habis, tapi blinking ini kerap kali melanda iP 2770 atau IP1880. Cara mengatasinya sebagai berikut :

Cara Perbaiki Blinking Setelah Isi Tinta
  • Tekan dan tahan tombol “Resume” selama kurang lebih 1 sampai 2 menit
  • Kemudian buka tutup atau cover printer anda.
  • Buka dulu Cartridge-nya kemudian pasang lagi
  • Tutup cover printer
  • Matikan, kemudian hidupkan kembali
Hasil Cetak Printer Putus-putus, Tidak Merata

Bila hasil print out anda putus-putus atau bergaris dan tidak merata maka coba lakukan cleaning beberapa kali, bila belum berhasil lakukan ‘deep cleaning. Tapi seandainya belum juga teratasi maka coba anda bersihkan catrige anda secara manual. Caranya mudah saja rendam dengan air panas bagian bawah catridge tempat keluarnya tinta karena biasanya tersumbat karena tinta kering atau kotoran. Ingat yang direndam hanya bagian bawah saja sebenatr saja dan tidak perlu lama.

Solusi terbaik: Jika cara cleaning dan pembersihan manual catridge telah dilakukan dan tetap jelek hasil print outnya maka sudah saatnya anda mengganti Catrige printer anda dengan yang baru.

Mengatasi “ink absorber is full” pada Canon IP1700 dan IP1200


Cara Perbaiki Printer Canon Blinking ink absorber almost full

Solusi Atasi ‘Ink Absorber is Full’ :
  • Matikan printer dan cabut kabel power
  • Tekan terus tombol power (jangan dilepaskan) sambil kemudian colokan kembali kabel power
  • Saat tombol power masih ditekan dan kabel power sudah dicolokan kembali, tekan tombol resume dua kali (berturut-turut)
  • Lepaskan tombol power
  • Kini komputer anda akan mendeteksi sebuah Printer baru, ikuti langkah yang diminta sampai kemudian terinstal printer baru.
Solusi “The waste ink absorber is almost full” dan “ink absorber is Full” pada Printer Canon 


Cara Memperbaiki Printer Canon Blinking Berkedip Dengan Mudah

Solusi Atasi ‘The waste ink absorber is almost full’ :
  • Matikan printer
  • Tekan tombol resume dan kemudian tekan tombol power
  • Tekan terus tombol power dan kemudian lepaskan tombol resume
  • Tekan kembali tombol resume 2 kali berturut dan kemudian lepaskan kedua tombol (tombol resume dan tombol power)
  • Akan muncul Indikator berwarna hijau
  • Saat indikator berwarna hijau, kemudian tekan tombol resume 4 kali
  • Tekan tombol power, printer akan mati (turn off), jika tidak tekan lagi tombol power
  • Printer kembali normal.
Demikianlah cara mengatasi dan memperbaiki printer Canon Blinking dan lampu berkedip dari berbagai jenis masalah yang berbeda. Cara seperti ini biasanya dikenal dengan istileh “Reset Printer” di kalangan tempat service komputer. Usahakan juga mengunduh software resetter printer dari internet sesuai tipe printer canon yang anda miliki. Siapa tau nanti anda membutuhkannya di aat printer anda bermasalah.

Semoga tips ringkas ini berguna bagi anda. Bila isi artikel ini dirasa bermanfaat bagi orang lain disarankan untuk membagikannya kepada relasi dan kerabat untuk membantu masalah printer yang mungkin juga mereka hadapi.

Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel