3 Cara Mudah Perbaiki Flashdisk Rusak Atau Error Tidak Terbaca

Pernahkan anda merasa kesal ketika USB Flashdisk anda error tidak terbaca oleh laptop atau komputer anda? Apalagi di dalam flashdisk tersebut tersimpan data-data penting seperti file kantor atau file data skripsi bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, thesis dll. Ada 3 Cara mudah perbaiki Flashdisk rusak atau error tidak terbaca. Mulai dari cara termudah bila masalahnya tidak terdeteksi saja dan file data masih terselamatkan sampai cara ter-ekstrem untuk sekedar hanya mengembalikan Flashdisk kembali berfungsi tapi file data hilang terformat. Bagi anda yang memerlukan tips ini bisa memulainya dari cara termudah dulu bila gagal bisa mencoba cara kedua dan cara ketiga. Semoga hal ini bisa menjadi solusi bagi anda dan cara mengatasi flashdisk error tidak terbaca kembali berfungsi lagi dengan normal.

3 Cara mudah perbaiki Flashdisk rusak atau error tidak terbaca

Cara memperbaiki flashdisk rusak yang pertama :
  1. Sambungkan flashdisk ke port USB di komputer atau laptop
  2. Klik menu Start, kemudian Run, lalu tekan Enter
  3. Setelah itu ketik “compmgmt.msc
  4. Langkah atau cara memperbaiki flashdisk yang rusak berikutnya adalah, setelah itu pasti akan muncul jendela program “compmgmt” lalu klik program tersebut
  5. Selanjutnya, kamu pilih menu Storage yang berada di tengah, setelahnya pilih menu Disk Management
  6. Apabila langkah-langkah atau cara memperbaiki flashdisk yang rusak yang dilakukan sudah benar, biasanya flashdisk kamu akan kembali terdeteksi
  7. Lalu klik kanan dan pilih menu Create Partition
  8. Setelah itu format flashdisk, dengan cara klik kanan, lalu pilih menu Format
Catatan : Apabila kamu memilih menu Format, maka secara otomatis seluruh data di dalam flashdisk akan hilang. Jadi pertimbangkan matang-matang saat ingin mem-format flashdisk. Pastikan kamu telah memiliki back-up file.

Cara memperbaiki flashdisk rusak yang kedua :
  1. Sambungkan flashdisk ke komputer atau laptop
  2. Lalu, kamu buka menu Control Panel
  3. Setelah itu klik opsi Add Hardware
  4. Selanjutnya pilih menu Next
  5. Kemudian pilih “Yes, I have already connected the hardware”
  6. Apabila USB atau flashdisk kamu telah terdeteksi, maka akan muncul menu Autorun, serta pernyataan bahwa USB flashdisk mendukung koneksi yang lebih cepat
  7. Hal tersebut diiringi dengan kemunculan ikon “Removable Hardware” pada System Tray dan selanjutnya akan muncul drive baru di Windows Explorer atau My Computer
  8. Apabila hal tersebut telah muncul, maka proses cara memperbaiki flashdisk yang rusak pada step ini tak pelu lagi dilanjutkan. Cukup klik Cancel pada tampilan berikutnya
Cara memperbaiki flashdisk rusak yang ketiga:

Cara memperbaiki flashdisk yang error ketiga atau cara yang terakhir ini dengan menggunakan tools HDD Low Level Format. Dengan menggunakan tools ini, maka kemungkinan besar flashdisk yang rusak akan mudah untuk diperbaiki.
  1. Cara memperbaiki flashdisk yang rusak menggunakan tools HDD Low Level Format ini sebenarnya merupakan cara yang paling ekstrem. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  2. Tancapkan flashdisk di komputer atau laptop
  3. Kemudian download software bernama HDDGURU Low Level Format
  4. Install program tersebut kemudian “Run As Administrator” bagi Windows Vista/7/8
  5. Pilih USB, kemudian klik opsi Continue
  6. Setelah proses cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini selesai, kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasanya.
Saran Dan Rekomendasi

Dari ketiga cara diatas dimana cara memperbaiki flashdisk di ulas secara rinci langkah-langkahnya, sebenarnya cara paling sederhana adalah cara pertama. Tapi seandainya masih tidak terdeteksi juga, anda bisa menggunakan cara kedua dan ketiga. Memang langkahnya cukup banyak. Tetapi ini adalah cara memperbaiki flashdisk yang rusak yang bisa dilakukan untuk membuat perangkat flashdisk milikmu kembali bisa digunakan. Sebetulnya, selain kerusakan flashdisk diakibatkan oleh virus, bisa juga kerusakan tersebut mengalami kerusakan secara fisik, seperti gangguan pada driver USB, portUSB yang rusak, setting-an pada BIOS, ataupun Windows yang bermasalah.

Cara termudah perbaiki Flashdisk rusak atau error tidak terbaca

Dari cara memperbaiki flashdisk yang rusak yang caraperbaiki.com ulas kali ini, sebenarnya ada beberapa hal yang sobat harus ketahui. Untuk antisipasi kedepannya,yaitu lain kali bila akan membeli flashdisk yang baru diharap lebih jeli dan hati-hati dalam memilihnya sebelum ditransaksikan. Jangan salah di pasaran banyak sekali dijual flashdisk abal-abal atau tiruan dengan harga murah, namun kualitas sangat tidak mendukung, bahkan akan cepat sekali mengalami kerusakan. Padahal kelihatannya merek dan kemasan luarnya mirip sama tau tampilannya menarik.

Saran berikutnya, gunakanlah USB Flashdisk anda sesuai prosedur dan tidak asal-asalan. Jangan main cabut ketika digunakan, ikutilah safety remove setiap hendak melepas flashdisk dari komputer atau laptop agar flashdisk tetap aman dan tidak mengalami kerusakan. Jangan sampai jatuh dll. Demikianlah ulasan 3 cara mudah perbaiki Flashdisk error atau rusak tidak terbaca untuk kali ini, semoga tips singkat ini bisa membantu anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel