Cara Memperbaiki Dan Mengatasi

Cara Memperbaiki Mobil Lecet Dan Tergores Dengan Mudah

Memiliki kendaraan roda empat atau mobil memang membuat nyaman bagi penumpangnya. Tentunya mobil yang kinclong dan terawat membuat kita puas memiliki mobil. Dan bayangkan pasti alangkah kesalnya kita jika mobil kita tergores karena ketidaksengajaan. Tentunya dongkol banget kan? Nah bagaimana cara mengatasi dan cara memperbaiki mobil lecet dan tergores dengan mudah yang bisa kita lakukan sendiri? atau sekedar mengetahui bagaimana sih sebenarnya cara memperbaiki goresan pada mobil? Dibawah ini ada tutorial dan cara untuk memperbaikinya dengan benar dan mudah untuk dilakukan.

Cara Memperbaiki Mobil Lecet Dan Tergores Dengan Mudah

Semua orang pasti menginginkan mobilnya dalam keadaan bersih dan mengkilap tanpa cacat setiap hari. Namun, ada saja kejadian tak terduga yang merusak eksterior kendaraan anda. Hal yang paling sering didapati adalah goresan di bodi mobil. Goresan-goresan itu bisa saja didapatkan setiap hari. Hanya karena goresan itu kecil dan susah terlihat, kita menganggap bahwa mobil kita terhindar dari goresan.

Goresan itu akan tentu mengurangi keindahan mobil anda. Jika interior yang bermasalah maka anda hanya perlu tahu cara membersihkan interior mobil. Tentunya akan tidak sedap dipandang. Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan goresan tersebut atau menjaga mobil anda terkena goresan. Terkadang juga ada goresan yang berasal dari tangan jahil. Pernah kah anda perhatikan jika ada mbil yang dalam keadaan lembab bodi mobil juga dalam keadaan berdebu ada saja yang membuat tulisan dengan media bodi mobil kita, entah itu nama diriya atau nama gebetannya.

Kita menganggap itu tidak akan merusak bodi mobil namun pergesekan debu dengan bodi mobil sudah tentu menghasilkan goresan yang tidak kasat mata. Apalagi jika anda tidak mengetahui cara merawat mobil tua. Karena mobil tua rentan dengan goresan dan karat.

Banyak penyebab mengapa mobil kita terkena goresan selain dari tangan-tangan jahil diantaranya:
  1. Sempitnya lahan parkir
  2. Mobil terserempet oleh kendaraan lain
  3. Terkena ranting phon atau tanaman
  4. Terkena lap kasar
  5. Tergores oleh cakar hewan yang hinggap di mobil seperti; kucing dan burung
  6. Dan masih banyak lagi resiko
Ada juga goresan yang sangat jarang diperhatikan dan semua mobil mengalaminya, yaitu goresan sekitar handle atau pegangan pintu mobil. Goresan terjadi karena kuku kita pada saat ingin membuka pintu dan sangat jarang terlihat dan diperhatikan. Goresan kuku memang sering kita tidak sadari, karena mungkin kita menganggap bahwa kita menganggap kuku kita yang bersih dan terpotong tidak mungkin untuk membuat goresan. Untuk menghilangkan goresan kecil akibat kuku kita bisa menggunakan wax setelah mencuci kendaraan kita. Namun perlu dicatat penggunaan wax hanya jika goresan tersebut hanya kecil atau seperti rambut yang menempel di mobil kita dan tidak merusak.

Goresan tentu sangat menggangu apalagi goresan itu sangat parah. Anda bisa memperbaiki goresan dengan melakukan pengecatan ulang, tentunya solusi ini adalah pilihan yang dapat segera menyelesaikan masalah anda namun biayanya tentu mahal. Alasannya ialah jika anda mengalami goresan disekitar pintu mobil dan terlihat parah maka anda harus mengecat seluruh bagian pintu mobil tersebut.

Tentu biaya yang sangat mahal dan waktu pengerjaan yang tentu sangat lama disebabkan mobil anda harus terus berada di bengkel. Oleh sebab itu anda bisa menghilangkan goresan di mobil anda sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Sebelum melakukan perbaikan adalah melihat jenis goresan. Fungsinya adalah menentukan cara penanganan untuk setiap goresan. Penanganan yang salah akan mengakibatkan goresan tidak akan hilang dan ada kemungkinan bisa bertambah parah. Goresan yang tidak diperbaiki juga tidak boleh karena air akan merembes melalui goresan tersebut dan menyentuh logam bodi mobil dan mengakibatkan karat. Walaupun dari luar terlihat biasa saja namun dibalik catnya karat menjalar dan membuat bodi mobil anda rapuh.

Adapun jenis goresan mobil adalah:
  • Goresan Ringan : Goresan yang tidak merusak lapisan cat dasar. Biasanya berupa goresan kecil karena kucing atau kuku manusia. Bisa juga karena gesekan tumbuhan.
  • Goresan Sedang: Goresan yang sudah sampai merusak lapisan cat dasar akibat trauma yang disengaja oleh tangan-tangan usil.
  • Goresan Dalam : Goresan yang sudah menembus lapisan cat dasar sehingga menyentuh logam bodi mobil.
Nah, itulah beberapa jenis goresan yang umum di temui. Setiap goresan memerlukan penanganan secara khusus, Berikut ini akan dijelaskan cara menghilangkan goresan pada mobil tergantung dengan goresan yang didapatnya dan kita akan bahas satu persatu.

11 Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil dengan Mudah

Goresan Ringan
Cara menghilangkan goresan pada mobil yang pertama adalah Goresan jenis yang paling mudah dihilangkan karena biasanya hanya berbentuk kecil dan goresan-goresan halus tapi ada juga yang terlihat kasar. Sesuai dengan jenisnya jika goresan hanya menyentuh cat luar dan tidak merusak cat dasar. Cara berikut dapat dipraktekkan.

Bersihkan Daerah Goresan
Cucilah daerah goresan dengan air bersih dan lap yang bertekstur halus dan tidak merusak cat. Pelajari cara mencuci mobil. Hindarkan area goresan dari debu. Jika hal ini tidak dilakukan maka debu yang tersisa akan dapat menambah goresan pada mobil anda.

Keringkan Area Goresan
Gunakanlah kain berbahan chamois agar sisi mobil yang sudah dibersihkan benar-benar kering. Anda juga bisa menggunakan kain yang lain tapi harus anda pastikan bahwa tidak terlalu keras dan kain benar-benar dalam keadaan bersih.

Aplikasikan Bahan Penghilang Goresan
Di pasaran banyak menjual bahan penghilang goresan seperti compound, wax, scratch remover, bahkan spidol penghilang goresan. Bahan rumahan seperti lotion anti nyamuk juga bisa digunakan. Untuk yang sering digunakan adalah bahan dari compound.

Oleskan compound secara merata di area goresan tadi. Gunakan lap bersih dan halus untuk meratakan kompon. Kerjakan dengan pelan sambil ditekan sedikit agar compound merata dan bekerja secara maksimal. Fungsi penekanan agar seluruh compound masuk ke sela terkecil.

Bersihkan residu compound
Setelah anda mengamplikasikan compound anda dapat membersihkan residunya dengan air dan lap bersih. Perlu diperhatikan proses ini harus dilakukan dengan pelan agar tidak adanya penambahan goresan yang baru.

Jika setelah dibersihkan tetapi masih terdapat goresan. Anda bisa mengulanginya dari mengoles, menggosok compound sampai membersihkan residu. Lakukan sampai anda merasa sudah tidak terlihat goresan.

Oleskan cairan pengilap sebagai hasil akhir
Untuk mengembalikan kilap mobil di tempat goresan. Anda bisa menggunakan cairan pengilap untuk membuat mobil anda terlihat seperti baru. Anda juga dapat mengaplikasikan tips membersihkan mesin mobil agar terlihat baru.

Goresan Sedang
Cara menghilangkan goresan pada mobil yang kedua berbeda dengan goresan ringan. Bodi mobil yang memiliki goresan yang telah mencapai cat dasar memerlukan penanganan yang ekstra lebih. Penanganan yang salah dan terburu-buru bisa memperparah keadaan. Cara menghilangkannya adalah

Bersihkan Goresan
Untuk membersihkan goresan mobil anda wajib membersihkan goresan dengan air. Namun karena goresan sedang sudah mengikis cat luar maka pembersihan harus dengan pelan-pelan

Membersihkan dengan grease remover
Karena sudah mengalami goresan sedang. Anda seharusnya membersihkan lagi goresan dan area sekitarnya dengan grease remover atau bisa juga wax. Fungsinya adalah tidak ada lagi serpihan cat yang terkelupas yang nantinya akan mengganggu proses penghilangan goresan. Jika tidak goresan akan semakin bertambah.

Pengecatan
Karena sudah mengikis cat maka salah satu cara menghilangkan goresan adalah melakukan pengecatan ulang. Cara mengecat mobil adalah sesuaikan warna cat luar mobil anda. Tidak perlu lagi memberi cat dasar cukup langsung melakukan pengecatan luar di area goresan.

Goresan Dalam
Cara menghilangkan goresan pada mobil yang ketiga yaitu dengan proses penghilangan goresan dalam bisa memakan waktu yang lama. Tergantung dari kerusakan yang dihasilkan. Biasanya proses pengerjaan bisa sampai sebulan bahkan lebih. Jika mendapatkan goresan ini sebaiknya dibawa ke bengkel untuk menghemat waktu anda. Cara menghilangkan goresan ini adalah:

Pembersihan
Berbeda dengan pembersihan pada goresan sebelumnya. Goresan dalam pembersihannya harus di amplas. Karena untuk meratakan area goresan. Proses ini memakan waktu yang cukup lama tergantung besar area goresan. Jika area sudah berkarat maka cara membersihkan karat tidak lain harus diamplas.

Pemberian dempul
Setelah diyakini bersih. Area yang sudah diampalas akan diberikan dempul. Setelah dempul kering dempul diamplas kembali sampai rata. Hal ini dilakukan jika bodi mobil yang penyok dan anda tahu cara memperbaiki bodi mobil.

Pengecatan
Pengecatan untuk goresan dalam halus dimulai dengan cat dasar. Hal ini dikarenakan goresan sudah menyentuh logam bodi mobil. Setelah cat dasar maka cat luar yang dicampur dengan thiner khusus disemprotkan sampai goresan hilang dan bodi mobil kembali sedia kala. Bila perlu tambahkan pelindung cat mobil.
Baca Juga : Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Setir Mobil Goyang Tidak Stabil Berdasarkan Penyebabnya
Bagaimana mudah dipahami bukan penjelasannya? Sebagai catatan saja, Cara-cara diatas adalah caradan tahapan yang bisa anda terapkan. Tapi bila terjadi goresan di mobil anda dan anada ragu untuk memperbaikinya sendiri jangan memaksakan jika anda merasa tidak bisa melakukannya. Soalnya dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk memperbaiki goresan pada mobil agar mobil anda kelihatan kinclong tanpa goresan kembali. Anda bisa menyerahkan pada bengkel yang khusus memperbaiki goresan dan pengecatan kembali.

Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Jangan ragu untuk membagikan artyikel ini jika dirasa bermanfaat bagi shabat, relasi dan kerabat anda.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Mobil Lecet Dan Tergores Dengan Mudah