Cara Memperbaiki Dan Mengatasi

Cara Memperbaiki Dan Menambal Bak Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas

Kamar mandi merupakan indikator suatu tempat nyaman atau tidak. Bila suatu tempat kamar mandinya bersih dan airnya tersedia dan jernih tentunya akan membuat penghuninya merasa nyaman dan betah. Beda lagi kalau kamar mandinya kotor dan jorok apalagi tidak ada air wah bisa dijamin ga bakalan bisa bikin kita betah berlama-lama ditempat itu. Nah bicara masalah kamar mandi yang paling ngeselin adalah kalau bak mandinya bocor. Di jaman ini kebanyakan bak mandi berbahan fiber. Terus bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi bak mandi yang bocor ini? Nah di bawah ini ada beberapa cara memperbaiki dan menambal bak mandi fiber yang merember dan bocor dengan tuntas dan benar tentunya.

Cara Memperbaiki Dan Menambal Bak Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas

Sebenarnya ada 2 cara untuk memperbaiki bak kamar mandi anda. Kalau misalnya anda tahu titik bocornya dimana dan hanya lubang kecil atau retakan kecil bisa mencoba cara yang pertama dan simpel. Tapi kalau bocornya besar dan retakannya memanjang dan tidak pasti bocornya di sebelah mana bisa memakai cara yang kedua. Mari kita bahas satu persatu.

Tips Sederhana Memperbaiki Bak Mandi Fiber Bocor Yang Relatif Kecil

Alat Dan Bahan Yang di Butuhkan :
- Lem Silicon untuk Aquarium
- Pisau Cutter

Langkah pengerjaan
  • Kuras bak mandi dan keringkan, lalu temukan letak titik lokasi kebocoran. Setelah itu, bersihkan lokasi dari kotoran dan keringkan.
  • Jika titik kebocoran terlalu kecil, gunakan cutter (pemotong) untuk memperlebar titik bocor agar proses perbaikan lebih mudah.
  • Ambil lem silikon untuk akuarium. Tempel lem ke tengah lubang dan daerah di sekitar lubang.
  • Tunggu hingga lem benar-benar kering. Beberapa lem silikon dapat menggumpal dalam waktu lima menit. Lem baru benar-benar mengering setelah satu jam.
  • Gunakan cutter, potong dan ratakan tonjolan lem tidak merata. Kini, bak mandi Anda sudah dapat kembali digunakan.
  • Namun, agar tambalan kuat, isi kembali bak mandi selang sehari setelah perbaikan. Kemudian, agar air meluap tidak rembes masuk ke bagian dalams truktur penyangga bak, bubuhkan lem silikon ke pinggaran bak yang menempel ke struktur penyangga.
Nah Bagaimana mudah bukan? Cara ini bisa anda lakukan dan juga mudah untuk dikerjakan. Bagaimana dengan kasus yang kedua? Dimana kasusnya bak mandi fibernya sudah mulai berumur dan retak-retak dan tidak jelas titik bocornya dimana? Mari kita bahas.

Cara Memperbaiki Bak Mandi Fiber Secara Tuntas Dan Menyeluruh

Sebelumnya saya mau bercerita sedikit dulu mengenai kasus yang satu ini. Awalnya saya berpikir untuk memakai cat aquaproof, dan saya cobalah mengecat dalaman bak mandi dengan aquaproof. Harga cat aquaproof ini sekilo sekitar Rp. 50 ribuan sampai Rp. 60 ribuan. Ambilnya yang warnanya putih. Saya mengecat dua kali, ketika cat pertama kering lalu dicat lagi.

Cat Aquaproof Warna Putih

Lalu setelah kering saya coba isi air. Ternyata karena aquaproof ini fungsinya untuk cat tembok yang tidak terendam air (melindungi dari air sesaat) maka alhasil setelah seminggu dipakai lapisan catnya sedikit demi sedikit mulai mengelupas dan akhirnya bak mandinya kembali bocor lagi. Ampun deh ternyata salah solusinya. Nah bagaimana kalau ada yang tanya cara memperbaiki bak mandi air dari keramik? Coba baca artikel sebelumnya.
Baca Juga : Cara Memperbaiki dan Menambal Bak Air Keramik Yang Bocor Sampai Tuntas
Akhirnya Ketemu Cara Tepat Menambal Bak Mandi Fiber Dengan Benar

Kebetulan ada kenalan yang memberitahukan tentang pemakaian cat kolam. Setelah di evaluasi cara kerjanya akhirnya saya membeli cat kolam di toko matrial. Kurang lebih ilustrasinya seperti gambar bawah ini, Kalau tidak salah harganya antara Rp. 50.000 – Rp.70.000.

Cat Kolam Super Warna Putih Merk Paralux

Ketika cat kolam dibuka, warnanya biru di bagian atas, maka cat perlu diaduk hingga warnanya menjadi putih. Bisa diaduk dengan menggunakan kayu atau apapun untuk mengaduk. Aduklah sampai cat tercampur dan berwarna putih merata.

Cara pengecatannya adalah sebagai berikut:

1. Bak mandi fiber harus dikeringkan hingga benar-benar kering. Setelah airnya habis lalu keringkan dengan lap atau bagusnya dengan lap kanebo sehingga bisa kering dengan tuntas. Alihkan penampungan air ke ember plastik besar dengan menggunakan selang dari keran.

2. Selanjutnya amplas halus fiber dengan amplas yang halus, agar cat nanti menempel dengan baik. Bisa menggunakan amplas ukuran 2000.

3. Setelah bak mandi kering, cat dengan cat kolam bagian dalam bak mandi tipis saja sebagai lapis pertama, lalu biarkan kering paling tidak sehari. Karena kamar mandi saya tidak terkena sinar matahari, maka pengeringan mesti lebih lama dibandingkan jika terkena sinar matahari. Pengeringan ini agar cat benar-benar kering, mengingat fungsinya nanti terendam air, maka mesti benar-benar kering.

4. Setelah lapis pertama kering, cat lagi dengan cat kolam untuk lapis kedua, lebih tebal dari lapis pertama. Biarkan cat mengering sampai seminggu, agar benar-benar kering. Jangan dipakai dulu bak mandinya.

5. Setelah lapis kedua mengering, cat lagi dengan cat kolam untuk lapis ketiga, dengan tebal. Dan biarkan cat mengering paling tidak 1.5 minggu. Jangan dipakai dulu bak mandinya.

6. Jika sudah kering, siram dengan air permukaan bak mandi yang dicat sambil diusap-usap tangan, karena ada lapisan licin yang mesti dihilangkan. Kemudia keringkan lagi bak mandi paling tidak sehari.

7. Besoknya sudah bisa coba diisi. Lalu dicoba dipegang dinding bak mandinya, jangan sampai masih ada cat atau cairan licin yang menempel. Jika cat mengelupas atau terkikis, berarti belum kering benar. Bersabar lebih baik dibanding menambah kerusakan bukan? Dan hasil pengerjaan kita menjadi sia-sia. Bila sudah yakin maka selesai sudah proses penambalan bak mandi fiber dengan sukses. Hasilnya lihat pada gambar, tidak kelihatan hasil tambalan bukan? Kinclong!

Hasil menambal bak air fiber yang bocor

Bagaimana? Mudah bukan? Hanya dengan modal yang tidak seberapa dan modal ketelatenan dan kesabaran maka kita bisa mengatasi dan memperbaiki bak mandi fiber yang bocor atau merembes dengan tuntas tanpa perlu membeli bak mandi fiber yang baru yang harganya tentu lebih mahal.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Dan Menambal Bak Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas