Cara Memperbaiki Dan Mengatasi

Cara Dan Tehnik Menambal Kolam Semen Yang Bocor Dalam Tempo Singkat Dan Cepat

Memperbaiki kolam ikan hias dari bahan semen memang susah-susah gampang. Masih mending jika bocornya itu posisinya berada di tengah ketinggian kolam tapi kalau bocornya di bawah bagaimana? Atau Kalau bocornya di dasar kolam atau di sudut bagaimana? Semenatara kita ingin kolam ikan tersebut secepatnya diperbaiki. Nah Di bawah ini ada cara dan tehnik menambal kolam semen yang bocor dalam tempo yang singkat dan cepat. Sebelumnya memang sudah dibahas mengenai cara memperbaiki kolam ikan yang bocor namun cara alternatif ini layak kita coba bila cara pertama gagal atau terlalu lama pengerjaannya.

Cara Dan Tehnik Menambal Kolam Semen Yang Bocor Dalam Tempo Singkat Dan Cepat

Cara memperbaiki dan mengatasi kolam ikan dari semen ini didapat berdasarkan pengalaman sendiri. Kasus ini tepatnya untuk solusi cara menambal kolam semen yang bocor karena retakan, umumnya retakan sudut. Untuk alternatif solusi sebelumnya bisa baca artikel kolam sebelumnya.
Baca Juga : Cara Mudah Memperbaiki Kolam Ikan Yang Bocor Dengan Tepat Dan Praktis
Bahan : 
Semen sekering mungkin (jika kondisi bagus masih bubuk dan ngebul).

Alat-alat   :
  • Lap kering / kanebo
  • Gergaji besi (tanpa gagang)
  • Karet ukuran 5cm x 5-6 cm, senyamannya sebagai pengganti kape, bisa menggunakan potongan sandal karet/jepit.
Caranya Menambal Kolam Semen Yang Bocor :
  1. Kuras kolam sampai retakan tidak tergenang air (jika ada kolam ada ikannya, maka pindahkan ke kolam sebelah atau yang kosong menggunakan kandang sementara). Jarak minimal antara retakan yang akan ditambal dan genangan air adalah 10 cm. Jika retakan berada di paling dasar maka air harus dikuras habis dulu.
  2. Perbesar retakan menggunakan gergaji besi. kedalamanya minimal lebih 5 mm.
  3. Serap air di sekitar retakan dan dalam radius 5 cm menggunakan lap kering atau kanebo. jangan sampai kering.
  4. Taburkan semen kering, sisa air dalam retakan akan terserap oleh semen menjadi adukan/acian. sambil diurut agar retakan tertutup dan terisi penuh. Pengurutan menggunakan potongan sendal jepit.
  5. Keraskan acian dengan menambahkan semen kering bisa dengan ditabur ataupun ditempel menggunakan potongan sendal jepit. sambil diurut seperti pengacian dinding tembok, dilakukan berulang-ulang sampai tambalan sekering mungkin.
  6. Angkat dan bersihkan semua sisa adukan yang tercecer disekitar tambalan semen, jangan sampai jatuh di tambalan yang sudah kering, angkat semua peralatan ke luar kolam.
  7. Tunggu 10 menit agar matang, tes tambalan dengan mengusap tambalan menggunakan jari. jika terasa basah dan masih ada semen yang menempel pada jari maka belum matang. berikan tambahan waktu 10 menit lagi.
  8. Jika tambalan sudah matang, langsung tambahkan air kolam seperti biasa, perhatikan selama proses pengisian air jika tidak terjadi penguraian tambalan maka jika ketinggian sudah cukup ikan bisa langsung dimasukan ke dalam kolam dan pemeliharaan ikan dapat berlangsung seperti biasa.
Penting!
Proses pematangan tambalan usahakan jangan sampai dalam kondisi hujan/gerimis ataupun malam/dini hari karena pematangan tambalan jadi lama.

Jika keadaan terpaksa misalnya kolam pompa yang ditambal dan sirkulasi air sudah harus dijalankan, disarankan untuk menutup tambalan agar tidak terkena ARUS air. Bisa dengan plastik, plakban, potongan karung dll. dan dikasih pemberat agar penutupnya tidak bergerak dan tambalan terbuka terhadap arus air.

Untuk penambalan retakan sepanjang 5 meter selebar tapak gergaji besi kira-kira menghabiskan semen 1/2 kg.

Demikianlah ulasan lain dari cara mengatasi kolam ikan yang bocor dan juga cara penanganan serta tehnik mengerjakannya di lapangan. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca. Oke selamat mencoba. Memperbaiki sendiri sesuatu hal itu akan mendatngkan kepuasan dan keasyikan tersendiri pastinya.

Semoga bermanfaat



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Dan Tehnik Menambal Kolam Semen Yang Bocor Dalam Tempo Singkat Dan Cepat