Cara Memperbaiki Dan Mengatasi

Cara Membersihkan Lantai Keramik yang Baru Dipasang Dari Bekas Semen dan Cat

Sebuah rumah akan terlihat rapi, bersih dan nyaman bila sudah dipasangi lantai dan jenis lantai yang umum digunakan adalah lantai keramik. Jenis lantai keramik sangat disukai masyarakat di banding marmer karena harganya terjangkau dan awet. Selain dari itu tersedia berbagai ukuran dan motif yang menarik. Masalah umum pada keramik setelah dipasang selain pecah atau retak adalah lantai yang kotor karena bekas cat tembok atau bekas semen karena mungkin saja si pemasangnya kurang rapi dan agak jorok waktu memasangnya. Ada cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang dari bekas cat dan semen yang bisa anda lakukan sendiri. Cara mengatasi bekas semen pada lantai sepertinya tidak terlalu sulit jika anda mengerjakan dengan tepat dan teliti.

Cara Membersihkan Lantai Keramik yang Baru Dipasang Dari Bekas Semen dan Cat

Perlu diketahui bahwa keramik dipasang dan ditempel pada lantai menggunakan adukan pasir dan semen, seluruhnya dipasang denga rapi dan ditata dengan sekat berupa nat di antara masing masing keramik. Saat pemasangan lantai keramik berlangsung biasanya ada semen yang tidak sengaja terjatuh atau berlebih dan bila lolos dari pengamatan dan tidak segera dibersihkan saat basah akan meninbulkan bekas yang membandel. Meskipun sudah di pel berkali-kali. Begitu pula saat sedang mengecat tembok atau langit-langit catnya bisa menetes pada lantai keramik dan menimbulkan bekas juga. Jika misalnya ada lantai yang pecah atau retak itu ada cara mengganti lantai keramik pecah pada artikel sebelumnya.

Kenapa Bekas Semen di lantai susah dibersihkan?

Sebagai pengetauan saja, semen memiliki daya rekat yang kuat pada benda padat yang solid jadi tidak heran jika noda semen ini cukup sulit dihilangkan bila ertempel di lantai keramik. Cara mudahnya sih bisa saja kita tinggal mencongkelnya dengan benda tajam seperti cutter, pisau dll tapi dikhawatirkan akan meninggalkan goresan pada lantai keramik. Sayang kan lantai keramik anda yang indah akan tergores karena benda tajam. Pertanyaan yang muncul adalah "Bagaimana cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang dari bekas semen?"

Cara Membersihkan Bekas Semen pada Lantai Keramik

Untuk menghilangkan semen yang menempel kuat pada keramik bisa menggunakan larutan asam seperti cuka, kalau ingin yang kuat bisa Asam Klorida (HCl). Keasaman akan membantu mengikis noda semen sehingga lebih mudah dilepas.

HCl bisa dibeli di toko bangunan terdekat, sebotol kira kira cuma seharga 15.000. Harus hati hati ketika eksekusi karena larutan ini bisa bikin kulit menjadi gatal gatal. Yang terpenting, jangan sampai kena mata.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan produk pembersih keramik. Sekarang sudah banyak produk berkualitas yang terbukti dapat menghilangkan kerak dan noda membandel. Cairan ini beda dengan sabun yang digunakan untuk mengepel lantai.

Alat dan Bahan:
  • Air
  • Kuas
  • Kain lap
  • Larutan HCl
  • Ember kecil
  • Serabut pembersih wajan/ Sikat
Langkah-langkah Pengerjaan :
  1. Tuangkan HCl ke dalam ember kecil tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kuat keasamannya. Jangan sampai terkena bagian nat, ditakutkan akan merusaknya.
  2. Celupkan kuas ke dalam larutan HCl lalu oleskan ke noda semen pada keramik
  3. Biarkan beberapa menit agar bereaksi
  4. Sedikit gosok gosok dengan serabut pembersih wajan hingga bekas semen terlepas
  5. Guyur dengan air lalu dilap menggunakan kain
  6. Keringkan, ulangi jika hasil belum maksimal
Satu hal yang harus diperhatikan, cairan baik HCl ataupun pembersih kerak khusus keramik dapat mengikis lapisan keramik itu sendiri. Jangan terlalu sering mengaplikasikannya, kalau hanya membersihkan kotoran maka gunakan sabun pembersih lantai.

Membersihkan semen yang sudah mengering pasti sulit disebabkan sudah menempel dengan sangat kuat. Lain halnya jika semen masih basah, oleh karena itu jika ada adonan pasir dan semen yang jatuh di keramik segera ambil dan bersihkan. Kalaupun membekas paling cuma noda putih yang lebih mudah dibersihkan.

Selain pada keramik yang baru dipasang, masalah bekas semen membandel sering ditemui ketika renovasi rumah, misal saja Cara Mengatasi Tembok Retak. Seperti peribahasa "Sedia payung sebelum hujan", agar tidak perlu repot repot membersihkan semen tersebut maka segera tutupi lantai dengan koran bekas saat renovasi berlangsung .

Cara Merawat Keramik yang Baru Dipasang

Bagi yang baru pertama kali memasang keramik sebagai lantai rumah pasti masih bingung tentang bagaimana perawatannya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Yaitu :
  • Jangan jatuhkan benda berat pada keramik, meskipun keramik terkenal kuat namun tetap bisa pecah ataupun retak jika kejatuhan benda yang berat
  • Ketika memindahkan benda yang ada di atas keramik, selalu lakukan dengan diangkat bukan cuma digeser. Terkadang beberapa orang mengeser lemari/ meja karena terlalu berat untuk diangkat, hasilnya akan muncul goresan pada keramik
  • Jika ada cairan seperti kopi, sirup, susu maka bersihkan sesegera mungkin agar tidak meninggalkan noda terutama pada bagian nat
  • Ketika ada kerak membandel, gunakan cairan pembersih keramik agar lebih mudah dibersihkan
Nah demikianlah tahapan cara membersihkan lantai keramik Yang Baru dipasang Dari Bekas Semen dan cat yang bisa anda lakukan sendiri. Bila anda sibuk bis adilakukan di waktu libur dan senggang karena hal ini tidaklah sulit. Tapi bila ingin rapi bisa menyuruh tukang untuk mengerjakannya. Ingat suruhlah tukang bangunan yang biasa bekerja dengan rapi karena bila tidak akan merepotkan anda di kemudian hari.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Lantai Keramik yang Baru Dipasang Dari Bekas Semen dan Cat